Rabu, 18 Februari 2009

SETAMINA


"TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada- Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN  menopang tangannya."  Saya sering kagum membaca artikel mengenai seseorang yang begitu  cepat mencapai sukses. Ketika dunia mengalami booming di industri IT,  kita mendengar nama Bill Gates (Microsoft), Steve Job (Apple), Pierre  Omidyar (eBay), Sergey Brin (Google) dlsb. Mereka adalah orang-orang  yang meraih sukses finansial dan inovasi yang begitu tinggi di usia  yang begitu muda. Saya kagum dan juga ada perasaan untuk bisa menjadi  seperti mereka, khususnya ketika saya masih muda. Saya rasa setiap  orang punya cita-cita yang tinggi ketika berada di usia belasan atau  duapuluhan tahun. Tapi pada kenyataanya, tidak setiap orang bisa menjadi billionaire  yang sukses seperti Sergey Brin. Tidak setiap orang mencapai sukses  fenomenal di usia dua puluhan tahun. Bahkan banyak yang tidak akan  pernah mengalami sukses fenomenal dalam hidupnya, sekalipun sudah  bekerja puluhan tahun. Apa boleh buat. Kenyataannya memang tidak  semua orang memiliki bahan yang dibutuhkan untuk menjadi seperti itu.  Tidak semua orang memiliki talent, background, determinasi, right- timing, partner yang pas dan mungkin juga "panggilan". PERLU STAMINA UNTUK BANGKIT DARI KEGAGALAN  Tapi saya juga sering mendengar dan membaca artikel mengenai  kejatuhan orang-orang yang sebelumnya begitu sukses dalam karirnya.  Kebangkrutan multi millionaires yang terjadi secara mendadak ketika  segala sesuatunya kelihatan begitu baik dan aman-aman saja. Dan yang  menyedihkan, kebanyakan dari mereka tidak pernah lagi bangkit dari  kejatuhannya. Mungkin sebetulnya mereka bisa saja bangkit, namun  sukses yang pernah mereka capai sudah teramat tinggi dan kejatuhan  itu terlalu menyakitkan dan telah menghancurkan kemauan mereka untuk  bangkit. SENI BERLOMBA TANPA PERNAH MENYERAH Bagaimana dengan anda dan saya? Saya belum mengalami sukses seperti  orang-orang yang saya sebutkan diatas. Dan mungkin tidak akan pernah  mengalaminya. Tapi ada satu tekad yang saya buat ketika saya belajar  dari kejatuhan orang-orang sukses tersebut. Saya bertekad untuk tidak  akan pernah menyerah dalam hidup ini. Saya akan bangkit apabila  mengalami kegagalan dan tidak akan berhenti untuk meneruskan usaha  saya sekalipun berkali-kali mengalami hambatan dan penundaan  kesuksesan. Saya senang sekali dengan cerita kelinci yang berlomba lari dengan  seekor kura-kura yang lamban. Anda mungkin juga sudah pernah membaca  cerita ini ketika di sekolah dasar. Kelinci memang berlari sangat  cepat dan segera meninggalkan sang kura-kura. Namun karena dia  menganggap remeh lawannya, dia beristirahat ditengah jalan dan jatuh  tertidur. Sang kura-kura adalah sebaliknya. Sekalipun dia berjalan  sangat lambat, dia tak pernah berhenti melangkah sampai mencapai  tujuan yang telah ditetapkan. Dan anda tentu tahu siapa yang menjadi  pemenangnya bukan? Kita semua harus menerima bahwa tidak semua orang akan mengalami  karir yang naik dengan begitu pesat dan fenomenal. Tidak semua orang  akan mengalami kesuksesan bisnis dalam waktu yang sangat singkat.  Tapi ada satu hal yang setiap kita bisa melakukannya, yaitu untuk  tidak pernah berhenti meneruskan usaha kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar